Flash News
   
Ukuran Huruf
Bookmark and Share

Jambore Sanitasi Akan Digelar Kembali

jambore_sanitasi_2012Jambore Sanitasi, ajang berkumpul para duta sanitasi se-Indonesia, akan digelar di Jakarta, 24 Juni-1 Juli 2012. Jambore Sanitasi ke-4 ini mengangkat tema: ‘Peduli Sanitasi, Peduli Masa Depan Air’. Kegiatan ini akan diikuti oleh 198 duta sanitasi daerah dari seluruh Indonesia dan 66 pendamping.

Tujuan penyelenggaraan jambore sanitasi yakni mempersiapkan dan melengkapi duta-duta sanitasi menjadi agen pembangunan sanitasi khususnya dalam perubahan perilaku masyarakat serta menyampaikan pesan sanitasi kepada lingkungan di sekitarnya (keluarga dan sekolah) dan masyarakat, sesuai dengan ilmu yang didapat selama kegiatan jamboree.

Seperti tahun sebelumnya, kegiatan yang diselenggarakan oleh Dirjen Cipta Karya Kementerian pekerjaan Umum masih menempati lokasi yang sama yakni di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta. Jambore ini nantinya akan memilih Duta Sanitasi Nasional. Sedangkan kegiatan pendukungnya di antaranya workshop, pentas kesenian daerah, pameran, silaturahmi dengan Ibu Negara, kunjungan ke kementerian, kunjungan lapangan, wisata Ancol, dan Gema ‘Indonesia Berserri’.

Berdasarkan evaluasi terhadap para Duta Sanitasi 2011 didapatkan hal-hal sebagai berikut:

  • 82% telah menerapkan konsep 3R di sekolahnya (diawali dengan penyuluhan)
  • 70% memberikan penyuluhan kepada sekolah lain
  • 48% telah memberikan penyuluhan di lingkungan yang lebih luas yaitu RT/Kel/Kec/Kota
  • 43% telah melakukan audiensi ke pemerintah daerah masing-masing (Dinas Pendidikan/Bupati)
  • 40% para duta ini telah diwawancarai oleh berbagai media local/nasional baik surat kabar, radio, televise, maupun situs pemberitaan

Dengan demikian, peran anak sebagai agen perubahan khususnya dalam masalah sanitasi sangat penting.  Semakin banyak duta sanitasi, pemahaman masyarakat terhadap masalah sanitasi diharapkan ikut meningkat.

Jambore sanitasi ini dilatarbelakangi kondisi sanitasi Indonesia yang harus mengejar target capaian akses rumah tangga terhadap sanitasi layak sebesar 62,41% pada 2015. Tahun 2009, berdasarkan laporan Bappenas, pencapaiannya baru sebesar 51,19%. MJ