Flash News
   
Ukuran Huruf
Bookmark and Share

30 Persen Kab/Kota PPSP 2012 tak Bergerak?

web_monevPelaksanaan program Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman (PPSP) 2012 telah memasuki akhir Mei.  Berdasarkan tahapan, seharusnya kabupaten/kota telah menyelesaikan tahap akhir penyelesaian Buku Putih Sanitasi. Namun kenyataannya, belum ada satu pun kabupaten/kota yang mencapai target tersebut.

Bahkan, ada 31 kabupaten/kota dari 103 kabupaten/kota peserta PPSP 2012 yang belum menuliskan kemajuan sama sekali alias masih 0 persen. Berdasarkan rangking buku putih di ppsp.nawasis.info, kabupaten/kota tersebut menempati rangking 73 hingga 103. Rangking tersebut disusun menurut laporan yang diunggah ke perangkat web monitoring dan evaluasi (monev) PPSP.

Belum diketahui secara pasti, apa penyebab kabupaten/kota tersebut belum mengirimkan kemajuannya. Dari pertemuan pokja provinsi di Jakarta 28-31 Mei 2012, ada banyak kemungkinan. Di antaranya, memang daerah belum bergerak karena pokja belum terbentuk, dana belum tersedia, tidak melaporkan hasil kerjanya karena belum memiliki akses ke web monev, atau kabupaten/kota tidak tahu ada web monev.

Data per tanggal 31 Mei 2012, rangking tertinggi diduduki Kabupaten Dompu (NTB). Kabupaten ini telah mengunggah bab 4 dengan persentase total 68 persen. Capaian yang sama dicapai Kota Kendari yang duduk di peringkat kedua dengan persentase total 60 persen. Peringkat 3-10 diduduki Kab Hulu Sungai Tengah (Kalsel), Kab Tabalong (Kalsel), Kab Magelang (Jateng), Kab Barru (Sulsel), Kab Banyuwangi (Jatim), Kota Salatiga (Jateng), Kab Kolaka (Sultra), Kota Banjarbaru (Kalsel). Peringkat ini bisa berganti setiap hari tergantung data kemajuan yang diunggah.

Project Management Unit (PMU) mengharapkan Pokja Provinsi mengawal penyusunan buku putih sesuai tersebut sesuai dengan tahapan yang telah ditentukan, sekaligus mendorong kabupaten/kota agar mengunggah kemajuannya di web monev. MJ